Sebelum Liburan Akhir Tahun, Santri Al-Ikhlash Ikuti Etiket

htmlAl-Ikhlash. Sebelum liburan akhir tahun, para santri pondok modern Al-ikhlash mengikuti acara etiket di balai pertemuan An-Nur, acara ini sudah menjadi sunnah pondok sebelum perpulangan, para santri di bekali etiket agar para santri tidak salah dalam melangkah selama berlibur, juga mengingatkan para santri tentang akhlak sehari-harinya. Khususnya ketika para santri berlibur. (Kamis, 23 Mei 2019).
Acara ini diselenggarakan selama 2 hari dari tanggal 23-24 Mei 2019 M diikuti oleh seluruh santri Al-Ikhlash Tarbiyatul Mu’alimin Al-Islamiyah juga dihadiri oleh bapak pimpinan pondok modern Al-ikhlash Al-Ustadz Dr. M Tata Taufik M.Ag juga direktur TMI Al-Ustadz Seherman, S.Ag serta jajaran asatidz wal ustadzat ponpes Al-Ikhlash.
Kemudian acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan ketua panitia penyelenggara, dan wejangan tentang etiket oleh bapak pimpinan.
Dalam wejangannya beliau menyampaikan :
1. Mengisi kekosongan
Dalam rangka liburan kita harus pandai dalam mengartikan libur. Yang dinamakan liburan adalah usaha penyegaran, menghilangkan kejenuhan atas suatu pekerjaan. Maka liburan atau istirahat, harus diartikan perpindahan pekerjaan atau aktivitasjadi arti libur sama sekali tidak ada yang menunjukan nganggur atau tanpa aktivitas.
Berlibur bukan melaksanakan kekangan nafsu sesudah di tekan sehingga membolehkan apa saja yang selama ini dicegah, bukan demikian dan jangan seperti itu.
html2. Banyak hal yang bisa kita lakukan
Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi kekosongan dalam liburan sebagai hiburan yang sehat dan bermanfaat serta usaha memelihara dan menyempurnakan kesehatan jasmani dan rohani ialah membaca buku, membaca Al-Qur’an, membersihkan rumah/kamar sendiri, belajar pelajaran tambahan, dan lain sebagainya.
3. Arti kesopanan
Kesopanan berarti adab, dat istiadat, tata krama, yang bisa disebut tingkah laku. Kesopnan itu ada dua, kesopanan lahir termasuk gerak gerik, tingkah laku, pakaian, suara, dan aturan-aturan yang berlaku dengan tingkah laku yang diyakini baik oleh masyarakat. Kesopanan batin termasuk hal-hal yang berkenaan dengan akhlak, jiwa, sifat-sifat yang terpuji dan perangai baik.
Itulah beberapa wejangan tentang etiket dari bapak pimpinan pada acara etiket dan wejangan menjelang liburan akhir tahun.