E C E S P di Al-Ikhlash

Al-Ikhlash. Di pertengahan semester tahun ajaran 2018-2019 Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash kedatangan mahasiswi BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dari Mesir. Pada Kamis, 20 September 2018. Kedatangannya mahasiswi Mesir ini untuk mengisi kegiatan  Educational and Cultural Experience Sharing Program-Ecesp.Program ini dilaksanakan di beberapa sekolah/madrasah/pesantren di Indonesia, yang pada tahap awal ini  diprioritaskan pada sekolah, madrasah, pesantren yang ada di pulau jawa, salah satunya  di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Ciawilor Ciawigebang Kuningan Jawa Barat.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 bulan, juga bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pemuda-pemudi Mesir (siswa/siswi BIPA) untuk berkunjung ke Indonesia memberikan pengalaman pendidikan yang mereka miliki kepada siswa-siswi sekolah Indonesia, dan belajar dari pengalaman pendidikan dan kebudayaan yang dimiliki siswa-siswi Indonesia, kemudian memberikan peluang kepada siswa-siswi Indonesia mengenal budaya, bahasa dan pendidikan di Mesir, mempererat huubungan antara Indonesia dan Mesir dalam bidang pendidikan dan kebudayaan dalam rangka pengembangan soft diplomacy. Selain itu juga untuk menjalin kerja sama antara lembaga pendidikan/sekolah/pesantren dengan KBRI Cairo dan masyarakat Mesir.
html
Adapun peserta dalam program ini adalah siswa-siswi pembelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Pusat Kebudayaan Indonesia (PUSKIN), di Pusat BIPAUniversitas Sues Canal, Ismailiah dan di Pusat BIPA Al-Azhar.

Kemudian kegiatan yang dapat dilakukan selama program ini antara lain;

  1. Berbagi pengalaman pendidikan dan kebudayaan antara peserta program dan siswa-siswi sekolah mitra di dalam kelas.
  2. Berbagi pengalaman pendidikan dan kebudayaan antara peserta program dan siswa-siswi sekolah mitra di luar ruang kelas (ekstrakulikuler).
  3. Kunjungan wisata atau edukasi
  4. Kegiatan-kegiata lain yang berkaitan dengan pendidikan dan kebudayaan yang bermanfat bagi sekolah maupun peserta program.
  5. Peningkatan kemahiran bahasa Arab siswa-siswi.

Dengan adanya program ini dapat  memberikan manfaat bagi siswa-siswi sekolah mitra, juga dapat menambah pengalaman dan wawasan global, serta dapat menambah nilai dan mutu sekolah, tentunya ini sesuai dengan visi Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash untuk mejadi pusat pendidikan ilmu-ilmu keisalaman dan umum. Tidak hanya nasional tapi juga internasional.