Setelah Ujian Syafahi, Santri Al-Ikhlash Jalani Ujian Tahriri

htmlAl-Ikhlash. Setelah mengikuti ujian syafahi selama 4 hari, kini santri Al-ikhlash jalani ujian tahriri, dimulai dengan upacara pembukaan ujian tahriri yang dibuka langsung oleh Bapak Pimpinan Pondok KH. M Tata Taufik M.Ag, para asatidz wal ustadzaat dan dihadiri oleh seluruh siswa siswi TMI dari kelas 1-5, bertempat di depan masjid Daarussalam Al-Ikhlash. Ahad, 20/05/2018.

Santri Al-Ikhlash yang akan menjalani ujian tahriri atau ujian tulis ini akan berlangsung selama 16 hari dari tanggal 20 Mei-04 Mei 2018, mulai dari kelas 1-5 Tarbiyatul Al-Mu’alimin Al-Islamiyah (TMI), pelajaran yang akan di ujiankan itu semuanya yang mereka pelajari selama akhir semester ini.

Dalam upacara pembukaan ujian tahriri Bapak Pimpinan menyampaikan sambutannya, beliau mengatakan bahwa “ujian ini merupakan suatu proses dalam kegiatan pendidikan di pondok kita, proses kegiatan belajar mengajar dan juga merupakan sarana evaluasi dari hasil pendidikan yang telah kalian pelajari selama satu semester ini,ujar beliau dalam sambutannya.

htmlDalam sambutannya beliau menambahkan bahwasanya “selain untuk sarana evaluasi ujian ini juga bertujuan untuk melatih kejujuran para santri. ujarnya

Setelah upacara selesai para santri berbondong-bondong memasuki ruang ujian yang sudah di sediakan oleh panitia ujian, dalam pelaksanaan ujian tahriri ini bisa memakan waktu kurang lebih 2 jam setiap harinya, dan masing-masing setiap siswa-siswi dihidangkan dengan 2 mata pelajaran dengan batasan waktu 60 menit permata pelajarannya. Ujian secara rutin dimulai pada pukul 07:00 sampai dengan selesai dengan selang istirahat setengah jam setelah jam pertama usai.

html
Pelaksanaan ujian ini dikawal ketat oleh para murokib imtihan, ini bertujuan supaya para santri tidak ada yang berbuat curang dalam pelaksanaan ujian tahriri.