Mensyukuri Proses

Disadur dari Nasehat Pimpinan Pondok pada Acara Tasyakuran setelah Ujian Pertengahan Tahun

Alhamdulillah kita harus bersyukur karena bisa manjalani aktivitas dengan baik, kita bisa belajar dengan baik selama satu semester. Satu semester itu waktu yang panjang, manusia itu bisa berubah dalam hitungan detik. Sekarang kalian di sini sudah satu semester mestinya kalian memiliki perubahan yang banyak. Dan kita mengharap perubahan itu dari yang kurang baik menjadi lebih baik, kita bisa temui contoh kecil dari perubahan tersebut ketika sebelum masuk pondok kalian belum bisa apa-apa tapi setelah masuk pondok kalian sudah bisa mendapatkan apa yang belum didapat sebelumnya. Itu semua adalah hasil perubahan, dan yang merupakan inti dari kehidupan adalah perubahan nah karena manusia itu pasti berubah dan pasti mencari ilmu. Karena yang namanya manusia itu pasti mencari ilmu.

Sejak kecil kita sudah belajar dan itu sudah merupakan naluri manusia, makanya tidak banyak kita temukan kata-kata perintah tentang mencari ilmu di dalam Al-Qur’an, yang ada hanyalah pertanyaan–pertanyaan seperti yang sering kita temui هل يستوى الذين يعلمون والذين لا يعلمون؟ (apakah sama orang-orang yang berilmu dan tidak berilmu?). Karenanya pasti yang mencari ilmu itu bermacam–macam, ada yang mencari ilmu bermafaat untuk dirinya ada  juga yang mencari ilmu tapi malah mencelakakan dirinya sendiri tapi proses mencari ilmunya tetap dilaksanakan. Maka alhamdulillah kalian masih diberi kesempatan, diberi petunjuk untuk belajar agama dan agama itu pusaka dari para nabi, yang intinya adalah keimanan percaya kepada Allah SWT, yang kedua biasa beribadah kepada Allah SWT, yang ketiga bisa berakhlak karimah.

Kita bisa diterima di masyarakat itu berarti akhlak kita baik, akhlaknya baik biasanya karena ibadahnya baik, ibadahnya baik karena imannya baik. Jadi pokoknya itu imannya bagus insya Allah ibadahnya bagus kalau ibadahnya bagus pasti akhlaknya bagus. Kalau ada yang mengatakan “Yang penting akhlaknya bagus walaupun tidak shalat” itu tidak benar, mungkin saja nampaknya baik tapi pasti ada yang tidak baiknya, seperti ada yang sodaqoh tapi dari hasil korupsi. Maka kalian harus bersyukur diberi kesempatan untuk طلب العلم yang ilmunya itu ilmu agama dan agama itu manfaatnya adalah mendidik kehidupan kita supaya lebih baik, membangun masyarakat bisa lebih baik, kalau tanpa agama manusia itu bisa lebih jelek dari binatang لو لا العلم لكان الناس كا البهائم .

Ada Ayat Al-Qur’an إنَ الصلاة تنهى عن الفحشاء و المنكر , kalau ada yang shalat jalan tapi maksiatnya juga jalan berarti itu shalatnya belum baik, sebelum kalian masuk pondok shalat kalian masih belum baik tapi sekarang kalian berubah shalat kalian jadi lebih baik dari sebelumnya. Yang tadinya baca Al-qur’an susah tapi sekarang kalian bisa, itu namamya berubah dan perlu disyukuri  وإذ تأذن ربَكم لئن شكرتم لأزيدنَكم ولئن كفرتم إنَ عذابي لشديد . Cara Allah meberikan azab kepada orang yang tidak bersyukur itu bisa membuat orang tersebut selalu merasa kurang padahal secara dzohir orang itu kaya. Maka kita harus pandai – pandai bersyukur, sudah dapat ilmu sedikit harus disyukuri supaya bertambah. Jadi yang namanya bersyukur itu hati kita merasa bahwa benar menerima nikamat dari Allah kemudian kita bersykur atau memuji Allah dengan mengucapkan الحمد لله , lalu kemudian kita menggunakan nikmat itu untuk mencari keridhoan Allah.

Dengan belajar yang baik akan merubah yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, yang tadinya shalatnya belum baik menjadi baik dan mudah–mudahan itu yang akan mengangkat derajat kalian, mengangkat pengetahuan kalian, mengangkat ilmu kalian menjadi lebih tinggi, aamiin. Sesuai janji Allah SWT :  يرفع الله الذين ءامنواومنكم والذين أوتواالعلم درجت والله بما تعملون خبير  itulah janji Allah, orang yang beriman dan berilmu akan di angkat derajatnya, tapi tidak dengan orang yang hanya berilmu saja, kalau orang yang hanya berilmu saja dia akan diangkat namun kemudian dia akan kembali terjatuh berbeda dengan orang yang beriman dan berilmu dia akan bagus terus  bahkan sampai matipun akan bagus, banyak yang mendoakan

ولدتك أمَك يابن أدم باكيا ، والناس حولك يضحكون سرورا

إحرص على عمل تكون به إذا ، يبكون حولك ضا حكا مسرورا

Oleh karena itu ، إحرص على عمل kamu harus merubah diri kamu kepada perbuatan yang ketika kamu mati nanti orang-orang akan menangis menyayangkanmu, maka ini perlu perjuangan dan ilmu.

Kesyukuran yang kedua itu kamu bisa ikut ujian disitu banyak pelajaran yang kamu dapatkan, pertama الإعتماد على النفس  disitu kamu tidak berfikir nyontek, tidak berfikir minta bantuan dan tidak berfikir kecurangan apapun. Dan kalian tidak berfikiran untuk berbuat curang itu sudah bagus, karena kerjaan kita di Pondok ini berat yaitu membuang masa jahiliyah menjadi masa Islam. Dan dalam ujian ini kamu juga akan mengetaui cara menyelenggarakan ujian dengan baik dan ini penting maka kalian tidak akan rugi mengikuti ujian disini karena disini tidak ada yang namanya kecurangan dalam ujian. Alhamdulillah ini juga merupakan pengalaman pertama bagi anak kelas satu berarti sudah mengetahui cara ujian, sudah punya mental menghadapi ujian dan juga sudah punya keberanian dan kejujuran, keberanian untuk apa yaitu keberanian untuk menghadapi ujian, maka itulah pendidikan.

Kesyukuran yang ketiga ini adalah proses belajar, jadi kamu dapat mengetahui cara belajar masing-masing tidak semua orang bisa belajar, cara belajar di pondok itu bisa menjadi bekal ketika di luar nanti karena kita sudah terbiasa mengetahui kemampuan diri kita sendiri selama belajar di pondok هلك إمرأ لم يعرف قدره “Seorang yang tidak tahu diri maka dia akan hancur”. Mengetahui cara belajar yang baik adalah modal, basic untuk berkembang kedepan lebih baik lagi. Semua ini harus kita syukuri karena orang lain masih mencari “How To Study” sedangkan kita tidak perlu mencari namun kita bisa mengetahui cara belajar yang baik. Maka kalau kita sudah terbiasa belajar dengan baik disuruh untuk menerangkan pelajaran itu pasti bisa. Yang namanya memahami itu mudah tapi untuk memahamkan itu sulit.

Pendidikan yang kita buat disini itu murah, jadi kalau ada yang mengatakan bahwa pendidikan disini mahal itu tidak benar, berbeda dengan lembaga pendidikan lain yang kalau kita mau masuk atau daftar harus mengeluarkan biaya yang mahal, bahkan untuk mengisi formulir saja harus megeluarkan biaya yang mahal, sedangkan di lembaga pendidikan ini sangat murah untuk mengisi formulir itu tidak perlu mengeluarkan biaya, maka bersyukurlah bias belajar di lembaga pendidikan ini, tempat kalian belajar dengan sungguh – sungguh.