Berorganisasi Sebagai Pendidikan

Oleh: Mamat Rohmat

htmlTepat pada hari Rabu 23/01/2018, Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash mengadakan acara akbar yaitu Musyawarah Besar (MUBES) Organisasi Pelajar Pondok Modern Al-Ikhlash (OPPMA), acara besar tersebut berlangsung di gedung pertemuan An-Nur, yang di ikuti seluruh siswa-siswi TMI, para asatidz dan asatizdat, serta para pengurus OPPMA lama seperti ketua OPPMA, Sekretaris OPPMA, Bagian Keamanan, Bagian Bahasa, Bagian Pengajaran, Bagian Penerangan dan Bagian-bagian lainnya dan juga calon Pengurus OPPMA baru.

Acara yang dimulai pada pukul 07:30 ini dibuka langsung oleh Bapak Pimpinan Pondok, KH. Dr. M. Tata Taufik, M.Ag. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci alqur’an kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, setelah itu pembacaan laporan pertanggungjawaban ketua OPPMA, yang kemudian dilanjut dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan dari para santri-santriwati tentang laporan pertanggungjawaban ketua OPPMA tersebut, dan diujung akhir acara dilanjut dengan pemilihan ketua OPPMA baru.

htmlDalam sambutannya Bapak Pimpinan Pondok, beliau menyampaikan: “tidak mudah untuk mencapai tujuan bersama, tanpa adanya keterlibatan semua pihak yang menghendaki pencapaian suatu tujuan yang diinginkan. semuanya ini memerlukan pemimpin, memerlukan bagian-bagian yang mengurusi bidang-bidang tertentu, dan memerlukan kerja sama dari semua pihak yang terlibat didalamnya, tujuan daripada organisasi adalah untuk pendidikan” tegas beliau.

Artinya dalam segala sesuatunya atau Apa yang kita lihat, apa yang kita dengar dan apa yang kita lakukan itu semuanya merupakan pendidikan.