Sujud Syukur Setelah Ujian Niha’i

htmlPondok Pesantren Modern Al-Ikhlash mengadakan ujian gelombang 1 pada 18-28 November 2017 lalu di Aula Madrasah An-Nur Ciawilor, Kuningan. Peserta ujian gelombang 1 adalah seluruh siswa dan siswi Akhir TMI (Tarbiyatu Al-Mu’allimin Al-Isamiyah). Ujian gemlombang 1 diadakan sebagai salah satu syarat kelulusan bagi siswa dan siswi akhir TMI.

Sebelum melaksanakan Ujian Gelombang 1, siswa dan siswi akhir TMI melakukan beberapa persiapan untuk menghadapinya, Mustafa Kamal, siswa akhir TMI mengatakan “yang pertama pasti materi, dalam segi materi kita harus belajar beberapa pelajaran yang belum dikuasai.”

Kemudian dalam segi fisik kita harus mempersiapkan badan kita dalam menghadapi ujian” paparnya. Selain memperdalam materi, siswa dan siswi akhir juga menulis ringkasan materi untuk mempermudah berlangsungnya belajar. Muhammad Yusuf, Siswa Akhir TMI mengatakan bahwa ia membuat khulashoh dan mengisi beberapa contoh soal dari tahun lalu.

htmlMuhammad Yusuf mengaku, dalam mengerjakkan soal tidak begitu mudah “ketika mengerjakan soal ujian saya merasa deg-degan karena ini adalah ujian terakhir di pondok dan pasti ada kesulitan dalam menghadapinya karena tidak semua yang kita pelajari keluar dipertanyaan, kemudian ketika ada soal yang mengecohkan dapat membuyarkan beberapa soal yang lainnya” ungkapnya.

htmlDalam ujian gelombang 1 terdapat 19 mata peajaran dari kelas 1-5, adapun beberapa materi tersebut tamrin lughoh, al adyan, Alfaroid, sosiologi, dll. Setelah terlaksananya ujian gelombang 1 siswa dan siswi akhir tahun melakukan sujud syukur bersama sebagai ucapan syukur atas kemudahan yang Allah berikan.

Muhammad Yusuf berharap “saya dan teman saya mendapatkan niai yang terbaik dan ilmu yang saya dapatkan dapat saya amalkan pada adik kelas saya” harapnya.

oleh: Rojail Khoirot