TAFSIR INSPIRATIF YANG MENGINSPIRASI

Oleh : Khairun Nisa Siswi Kelas III TMI Al-Ikhlash
Judul : Tafsir Inspiratif
Nama pengarang : K.H. Dr. M. Tata Taufik, M.Ag
Kota & nama penerbit : DEPOK, WISEMIND PUBLISHING PT. BERPIKIR BIJAK BANGUN BANGSA
Edisi penerbitan : Cetakan Kedua, Juni 2016
Tebal buku : 184 halaman
Ringkasan :
Buku ini menjelaskan tentang potongan-potongan ayat yang diambil dari kitab suci Al-Qur’an berisi tentang etika-etika hidup, larangan-larangan Tuhan, perintahh Tuhan, mengajarkan tentang kesabaran, kejujuran, sopan santun, iman, tawakkal, agar tidak sombong. Metode yang dipakai dalam penyusunan buku ini dimulai dengan menyajikan ayat-ayat yang akan ditafsirkan lalu diikuti dengan terjemahan-nya.

Setelah itu disajikan penafsiran dari Ibnu Kastsir, tafsir Jalalain dari Al-Said, kemudian diakhiri dengan pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat tersebut, penafsiran dari Ibnu Katsir yang mengandung penjelasan dengan hadist yang banyak. Buku ini merupakan kumpulan sekitar 40 ayat Al-Qur’an yang sangat populer dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat dan menghafal-nya bisa menjadi bekal dalam mengarungi kehidupan. Buku ini mempunyai alasan yang kuat dalam penyusunannya. Alasan pertama yaitu, tidak semua orang berkesempatan menghafal Al-Qur’an secara keseluruhan dan mendalami bahasa arab.

Kedua, Kenyataaan bahwa seringkali seseorang membutuhka “sesuatu” baik sepatah kata atau dua patah kata yang dapat berperan dalam kondisi tertentu pelajaran kehidupannya. Maka alangkah indahnya jika “sesuatu” tadi dari ayat-ayat Al-Qur’an yang merupakan kalam Allah.

Tentang penulis :
M. Tata Taufik lahir di kuningan pada tahun 1966. Menuntut ilmu di MI Al-Ikhlash melanjutkan pendidikan ke KMI Pondok Modern Gontor, tamat 1985 kemudian melanjutkan ke IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta jurusan bahasa arab. Karyanya : Dakwah era global (2003), Pesantren masa depan dari tradisional hingga post modern (2004), Etika & Komunikasi Islam (2012). Kegiatan sehari-hari : sebagai pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Ciawilor-Ciawigebang Kuningan Jawa Barat.

Keunggulan :
Beberapa point pokok disajikan disini. Cara kerjanya melalui transfer pengetahuan dengan membandingkan tiga tafsir yang saling melengkapi. Ada prinsip-prinsip ketauhidan dan digabungkan dengan berbagai tindakan yang dibutuhkan. Sehingga memberi inspirasi bagi yang membaca untuk bersikap dan bertindak menuju keshalehan dan berkarakter mulia. Cover yang menarik dan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

Kekurangan : ¬-

Kesimpulan :
Manusia tidak bisa hidup sendirian ia membutuhkan orang lain, berdialog mengadukan permasalahannya, mengomunikasikan hasil penemuannya, memohon, mengaca diri, menyayangi, mencintai, dan sederetan aktivitas sosial yang dapat mengais keberkahan, mengangkat peran, dan meninggikan citranya baik dihadapan Allah Swt. Maupun dihadapan sesama. Walhasil, dapat dikatan buku ini sangat layak dibaca oleh anda semuanya…