Belajar Bahasa Arab Bersama Syeikh Toyib As-Sudani

Oleh: Irfan M Yusuf

Setelah kedatangan tamu besar dari Mesir, Prof. Dr. As-Sa’id Muhammad Ali Al-Husaini, para santri Pondok Modern Al-Ikhlash (PMA) diberi kesempatan untuk belajar bahasa Arab dengan dari Syeikh Dr. Muhammad Thoyib Al-Husaini, Kamis (16/10/17). Kedatangan beliau disambut hangat oleh seluruh santri.

Kedatangan Syeikh Toyib ke Pondok Modern Al-Ikhlash ini dalam ragka memberikan Tasyji’ul Lughah untuk seluruh santri dan juga Asatidz dan Ustadzaat. Pembukaan acara ini di awali oleh moderator, Ustadz Sugiyarto S. Kom. I dan dilanjutkan uraian tentang Tasyji’ul Lughah oleh Syeikh Dr. Muhammad Thoyib Al-Husaini.

Sesi pertanyaan dari perwakilan santri

Disamping itu Syeikh Toyib yang merupakan staf kedutaan Sudan di Indonesia menyampaikan materi kepada seluruh santri bagaimana cara menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar. Penyampaian beliau menggunakan bahasa arab tidak menghalangi pemahaman seluruh santri yang mengikuti acara tersebut. Sehingga ketika moderator membuka sesi pertanyaan, seluruh santri sangat antusias untuk mengajukan pertanyaan kepada Syeikh Dr. Thoyib Muhammad Al-Husaini.

Beliau juga berharap kepada seluruh santri Pondok Modern Al-Ikhlash agar selalu meningkatkan kualitas bahasa Arab yang mereka kuasai. Karena selain bahasa Al-Qur’an, bahasa Arab juga menjadi syarat untuk memasuki Universitas-Universitas internasional, khususnya negara bagian timur tengah.