Antusiasme Civitas Akademika Al-Ikhlash dan Para Pakar Komunikasi UNISBA

Menjelang akhir semester satu tahun pelajaran 2017-2018 Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash dipadati dengan berbagai kegiatan yang bertujuan membangun dan mengembangakan cara berfikir, mental, keterampilan, dan motivasi para santri. Di antara rentetan kegiatan tersebut adalah penyelenggaraan workshop tentang komunikasi.

Workshop tersebut diadakan dalam rangka kerja sama dengan pihak UNISBA melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung pada Kamis, 9 Nopember 2017 di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash.

Acara yang berlangsung selama pukul 13:00 sampai dengan pukul 16:00 WIB itu diawali dengan seremonial pembukaan kegiatan beserta sambutan dari masing-masing pihak penyelenggara di balai pertemuan Pondok.

Pimpinan pondok KH. Dr. M. Tata Taufik, M.Ag menyampaikan terima kasih atas kedatangan dan kebersediaan para pakar komunikasi untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada para santri. “Santri harus tahu Komunikasi, karena itu ilmu masa depan. Tidak bisa seseorang amar ma’ruf nahi munkar kalo tidak bisa mengolah kata-kata, dan itu yang dilakukan Rasulullah SAW !” tegas beliau di sela-sela sambutannya dalam rangka menyemangati para peserta yang terdiri dari para santri dan dewan guru Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash.

Dr. O. Hasbiyansyah dekan Fakultas Ilmu Komikasi UNISBA dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas penyambutan yang luar biasa dari pihak Pondok Pesantren dan mendoakan semoga para santri menjadi calon pemimpin masa depan.

Beliau juga menyampaikan  bahwa kedatangan para tenaga pendidik FIKOM UNISBA di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash dalam rangka ingin berbagi. “Mudah-mudahan ilmu yang kami share disini bermanfaat untuk pengetahuan, keterampilan dan kemampuan adik-adik santri dalam menguasai keterampilan-keterampilan komunikasi” tutur beliau dalam sambutannya.

Selesai seremonial pembukaan para santri dan dewan guru menuju ruangan–ruangan yang telah ditentukan oleh panitia untuk mengikuti materi-materi pelatihan yang meliputi Media Literasi, Teknik Menulis, Public Speaking, Service Excellent, Protokoler, Videografi, dan Fotografi. Begitupun para materi bergegas menuju kelas sambil didampingi oleh seorang panitia dari Pondok Pesantren.

Selama materi berlangsung para peserta yang terdiri dari civitas akademika Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash sangat antusias menyimak materi yang disampaikan oleh para ahli di bidang komunikasi. Sehingga kelas-kelas yang terdiri dari 10 kelompok itu terasa hidup dan bergairah.

Bukan hanya para santri dan dewan guru yang sangat antusias mengikuti  kegiatan workshop, namun para pemateri yang merupakan pakar dalam bidang komunikasi juga sangat bersemangat menyampaikan materi mereka.  Hal ini terlihat dari profesionalisme para dosen FIKOM UNISBA tersebut ketika menyampaikan materi mereka.

Acara yang berakhir pukul 16:00 WIB itu meninggalkan kesan positif masing-masing bagi para santri dan juga para dosen yang belum mengetahui milliu dan dinamika kehidupan Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Kuningan khususnya. Semoga bermanfaat…

Materi Videografi
Para Dewan Guru PM Al-Ikhlash dalam materi Service Excellent

 

 

 

 

 

 

 

Kelas Fotografi
Materi Media Literasi